Bantuan untuk Bencana Situ Gintung

Bantuan untuk Bencana Situ Gintung

Alhamdulillah, kontribusi terus mengalir kepada para korban bencana Situ Gintung dan PKPU (Patner FORKOM) terus mengevaluasi dan menyesuaikan bantuan yang lebih tepat untuk disampaikan kepada para korban di tengah beragamnya jumlah bantuan yang terus masuk kepada para pegiat kemanusiaan, lembaga sosial, dan elemen masyarakat lainnya yang sigap membantu para korban selamat maupun mengevakuasi korban tewas.

Selama tahap tanggap bencana ini PKPU telah membagikan Family Kits yang terdiri dari Hygiene Kits (Sabun Mandi, Pasta Gigi, Sikat Gigi, Betadine, obat anti nyamuk, Paramex/Aspirin, Obat Demam, Salep gatal, Cotton buds), bahan makanan (Abon, Air Mineral, Kecap, Beras) dan kelengkapan lainnya (Sarung, Pembalut wanita, handuk, Paperbag serbaguna).

Selanjutnya ekspedisi PKPU telah menghasilkan cukup banyak data atas luasnya jangkauan dan tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh bencana tersebut sehingga menetapkan beberapa strategi upaya pemulihan kondisi korban menjadi beberapa tahapan bantuan. Tahapan bantuan yang hingga kini masih dilakukan antara lain,
1. Evakuasi korban, bekerjasama dengan para relawan lainnya, mencari korban hilang yang hingga kini masih berjumlah diatas 100 orang sedangkan daftar korban tewas berjumlah 98 orang.
2. Pertolongan pembersihan rumah warga dan lokasi bencana, termasuk harta benda yang tersisa. PKPU menurunkan relawan dalam 4 kali shift selama 24 jam. 16 jam diantaranya dimaksimalkan untuk membantu masyarakat dalam membersihkan rumahnya. Setiap shift mendatangkan 8-10 relawan yang standby membantu dan bekerjasama dengan warga untuk membersihkan dampak dari musibah ini. Kini PKPU menyediakan alat semprot air (jetstream) demi membantu pembersihan perabot rumah tangga warga yang tersisa. Selanjutnya, peralatan seperti gergaji akan segera dihadirkan demi mempercepat upaya pembersihan rumah-rumah warga dan lingkungan, menimbang kesulitan upaya pembersihan yang akan dihadapi apabila lumpur bawaan banjir mengering nantinya.
3. Pembagian family Kits kepada para korban bencana.
4. penyemprotan disinfektan.
5. Pembagian Makanan Siap Saji.
6. Dapur Air selama 24 Jam (Air putih, Kopi, Teh, Kopi Susu).
7. Pembagian Alat kebersihan (sepatu bot, sekop, cangkul, selang Air, dll).

Hal-hal yang masih sangat dibutuhkan dan hingga kini dalam keadaan kekurangan untuk tahap tanggap bencana ini antara lain:
1. Selang Air
2. Sepatu Bot
3. Sarung tangan
4. Alkohol
5. Dot Bayi
6. Susu
7. Makanan tambahan Balita (Supplemen)
8. Vitamin
9. Minyak Telon
10. Alat Semprot Air (Jetstream)

FORKOM mengajak segenap masyarakat Indonesia di Jerman dan dimanapun berada untuk dapat memanjatkan doa bagi para korban yang selamat agar diberi kekuatan dan kesabaran sehingga dapat pulih dan melewati cobaan ini dengan kebersihan hati.

Selanjutnya, bagi saudara-saudara yang ingin membantu para korban dan upaya para relawan di lapangan dalam meringankan beban para korban bencana, dapat menyalurkan dana bantuannya kepada FORKOM yang akan disalurkan melalui PKPU:

Khairu Rezqi
Konto Nr. 2211830648
BLZ 30020900
Citibank Dusseldorf
Verwendungszweck: Spende SG

Untuk Informasi lebih lanjut, serta konfirmasi bantuan kemanusiaan mohon konfirmasi ke:
Khairu Rezqi
Hp. 0176 – 2432 9258
Mail: khairu.rezqi@forkom-jerman.org  | cc: dade_irul@yahoo.com

PKPU
The National Humanitarian Foundation
LAZNAS (Official Zakah Institution)
Minister of Religious Affair Decree of RI No.441/2001
Address : Jl.Raya Condet 27G, Jakarta Timur
Tel: 62-21-87780015 Fax: 62-21-87780013
Website : www.pkpu.or.id
Email : pkpu_pusat@yahoo.com, pkpu_pusat@pkpu.or.id

Dokumentasi: