Haji dan Umrah

Haji dan Umrah

“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”  Q.S. Ali Imran 96-97.

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita haturkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat persaudaraan dalam iman keislaman kepada kita hingga saat ini. Sholawat serta salam tidak lupa kita curahkan kepada nabi besar, junjungan kita, Rasulullah SAW yang karena cintanya pada ummat dan pengabdian tulusnya pada Allah SWT untuk membawa risalah suci keislaman, Allah SWT telah menetapkannya sebagai manusia terbaik sepanjang zaman.

Melengkapi hasil pembahasan pada Muktamar FORKOM 2012 yang bertempat di Göttingen terkait rekomendasi pelaksanaan Program Haji bersama FORKOM, tertulis di bawah ini latar belakang yang telah FORKOM rangkum.

  1. Besarnya animo masyarakat muslim Indonesia di Jerman baik di kota-kota besar maupun yang tersebar di kota-kota relatif kecil untuk melaksanakan haji setiap tahunnya.
  2. Pelaksanaan haji dengan keberangkatan dari Indonesia yang relatif lebih sulit dikarenakan antrian untuk mendapatkan quota haji yang cukup lama (bertahun-tahun) merupakan salah satu pendorong untuk melaksanakan ibadah haji dari Jerman.
  3. Besarnya minat calon haji untuk melaksanakan haji dalam bentuk grup orang Indonesia.
  4. Besarnya minat calon haji untuk dibimbing dalam Bahasa Indonesia saat melaksanakan ibadah haji.

Belum tersedianya pelayanan pelaksanaan haji dan umrah sebagaimana sesuai dengan yang disebutkan dalam latar belakang di atas menjadi sebab mengapa FORKOM menilai perlu diadakannya program Haji dan Umrah yang dikoordinasi oleh FORKOM untuk masyarakat muslim Indonesia yang berada di Jerman.