Makanan Ibu Hamil

Makanan Ibu Hamil

Pertanyaan:

Makanan apa saja yang diboleh kan selama ibu hamil dari usia kehamilan 7-9 bulan?Risviani
Kota: Sampit, Kalimantan

 

Jawaban:

Assalamualaykum Wr. Wb.

Kepada Ibu Risviani di Sampit.

Kehamilan usia 7-9 bulan atau disebut trimester ketiga adalah saat dimana pertumbuhan berat dan panjang bayi paling cepat.  bayi akan bertambah beratnya dua kali lipat selama usia kehamilan ini.  Organ yang berkembang pada periode ini adalah otak dan paru-paru.

Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil pada trimester ini tidak berbeda dengan periode sebelumnya.  Yang penting, bukanlah asal kenyang, yang artinya hanya kuantitasnya saja yang ditambah sementara kualitas tidak diperhatikan.

Lemak misalnya, sangat diperlukan untuk perkembangan bayi. Namun, yang dimakan haruslah lemak yang sehat, seperti lemak yang terdapat di minyak zaitun atau jagung, ikan, kacang-kacangan, dan alpukat.  Hindari makanan cepat saji dan makanan instan.  Selama hamil diperlukan tambahan asupan protein sekitar 25 mg per hari.  Protein bisa didapatkan dari daging, ikan, telur, tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Jangan lupa untuk selalu menyertakan buah dan sayur setiap makan, minimal dalam sehari harus makan 5 porsi buah dan sayur.  Asupan serat sangat penting karena pada masa-masa terakhir kehamilan ibu hamil sering mengalami sulit buang air besar.

Pada trimester ini rahim sudah semakin membesar dan menekan organ-organ di sekitarnya. Pengaruhnya terhadap konsumsi makanan adalah timbulnya rasa begah saat makan. Juga dapat terasa terbakar/nyeri di dada bagian tengah atau ada sedikit aliran balik makanan.  Untuk menyiasatinya makanlah dalam porsi sedikit tapi sering.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

dr. Nenden Birowo