Sekolah Musik di Jerman

Sekolah Musik di Jerman

Putra saya sekarang kelas 2 SMK Musik, mengambil mayor Celo, ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke Jerman jurusan conductor orkestra. Kira-kira univ yang ada jurusan tersebut, dan apa yang harus disiapkan dari saat ini?

Evi Lusiana
Kota: Jakarta

Jawaban:

Ibu Evi  yang terhormat, untuk orang asing yang ingin kuliah di Jerman diperlukan satu tahun penyetaraan setingkat dengan tingkat akhir sekolah di Jerman. Penyetaraan satu tahun tersebut dinamakan Studienkolleg. Studienkolleg bisa ditemui di Universitas di hampir semua kota besar. Daftar Studienkolleg ini bisa dilihat di situs:

http://www.studienkollegs.de

Jurusan yang disediakan Studienkolleg ada bermacam-macam tergantung jurusan mana yang nanti ingin diambil orang tersebut di Universitas. Untuk putra ibu yang ingin mengambil kuliah Musik, maka jurusan di Studienkolleg yang perlu dimasuki adalah jurusan G-Kurs.  Jurusan G-Kurs tidak ditemui di semua Studienkolleg, dan ini bisa dilihat di link yang telah saya berikan di atas. Banyak dari Studienkolleg yang tidak melayani pendaftaran  sendiri melainkan melalui organisasi yang bernama Assist, informasinya bisa didapat disini:

http://www.uni-assist.de/index.php?id=1&ebene=2〈=en

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar ke Studienkolleg bisa berlainan tergantung Studienkollegnya. Tapi rata2 dokumen yang dibutuhkan.

1. Surat kelulusan dari SMU/ sederajat yang belum dan sudah diterjemahkan dan dilegalisir.
2. Keterangan NEM, sama seperti diatas.
3.Sertifikat bahasa Jerman (ZD: Zertifikat Deutsch /Mittelstufe), tergantung Studienkollegnya.
4. Dokumen lain yang variatif tergantung Studienkolleg dan jurusannya.

Meskipun tidak semua Universitas meyediakan jurusan musik, Jerman memiliki banyak sekali Universitas di hampir setiap kota yang ada disini, oleh karenanya saya menyarankan kepada ibu Evi untuk melihat Website:http://www.ger-net.de/kuehn/fk_uni.htm . Di Website tersebut ada daftar Universitas yang ada di Jerman. Atau bisa juga ibu Evi datang ke kantor perwakilan DAAD yang ada di Jakarta untuk meminta buku daftar Universitas. Biasanya diberikan cuma2, dan di buku tersebut tercantum juga semua jurusan yang ada di Jerman. Alamatnya ada di:

DAAD Jakarta Office
JI. Jend. Sudirman, Kav. 61-62, Summitmas I, Lt. 19
12190 Jakarta.
Indonesia.
Telefon: (0062/21) 5 20 08 70, 5 25 28 07

Sekian ya bu Evi, mudah-mudahan bisa dimengerti dan jelas. Kalau ada yang kurang jelas mohon ditanyakan lagi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Rizki Mira Harini