Selamat Datang di Website Forkom Jerman

Selamat Datang di Website Forkom Jerman

Assalamualaikum Wr.Wb.

Masyarakat muslim Indonesia yang dirahmati Allah,

Selamat datang di website Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia Se-Jerman (FORKOM).

Website FORKOM kini hadir dengan tampilan dan fitur baru yang merangkum beragam informasi aktual mengenai berbagai kegiatan keislaman yang telah dan akan berlangsung di sejumlah pengajian kota di Jerman. Selain itu, informasi mengenai Contact Person setiap pengajian kota di Jerman diharapkan dapat membantu masyarakat muslim Indonesia yang baru tiba di Jerman untuk dapat segera berinteraksi dengan komunitas pengajian muslim setempat.

FORKOM merupakan sebuah wadah silaturahim yang menjembatani geliat semangat keislaman masyarakat muslim Indonesia di Jerman. Gagasan pendirian FORKOM diinisiasi oleh sejumlah mahasiswa muslim Indonesia yang tengah merantau di negeri Jerman pada tanggal 24 September 1994 di kota Karlsruhe.

Tahun ini menginjak usianya yang ke-20 FORKOM menjadi wadah yang merangkul lebih dari 23 pengajian kota yang tersebar di seluruh penjuru Jerman. Setiap tahun para perwakilan pengajian kota berkumpul dalam Muktamar FORKOM untuk saling berbagi dan membahas berbagai perkembangan terkini kegiatan keislaman di kota masing-masing, serta menyepakati sejumlah program rekomendasi yang diamanahkan kepada kepengurusan FORKOM sebagai bagian dari program pelayanan bagi masyarakat muslim Indonesia di Jerman.

Alhamdulillah Muktamar FORKOM 2014 telah berlangsung pada akhir Maret 2014 di kota Hannover dan dirangkai dengan Konsolidasi Dakwah FORKOM 2014 pada bulan April 2014 di kota Kassel. Sejumlah program yang diamanahkan kepada FORKOM tahun ini antara lain:

Program Safari Ustad (Juli/Ramadhan 1435H), PRIMA/Pekan Olahraga Insan Beriman (Leipzig/Sept 2014),Haji 2014 (Oktober 2014), Malam Budaya Islam (Berlin/Oktober 2014), SALAM/Silaturahim Darat Masyarakat Muslim Indonesia se-Jerman (Göttingen & Karlsruhe/November 2014), SIDIK/Studi Islam Dan Dialog Kemahasiswaan (Bremen/Desember 2014), dan Workshop Wirausaha (Januari 2015).

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan umat, FORKOM berupaya untuk memperoleh status e.V (baca: Yayasan) yang diakui keberadaannya secara hukum oleh pemerintah Jerman. Setelah melalui serangkaian proses administrasi, alhamdulillah per tanggal 31 Mei 2014 FORKOM e.V telah secara resmi terdaftar sebagai sebuah yayasan di pemerintah Jerman.

Semoga pencapaian tersebut dapat menjadi sarana untuk senantiasa meningkatkan kualitas kebermanfaatan FORKOM demi kemaslahatan masyarakat muslim Indonesia se-Jerman. Aamiin..

 

Salam ukhuwah,

Reza Fathurrahman

Ketua Umum FORKOM 2014/2015