Studi di Münich

Studi di Münich

Pertanyaan

Saya adalah calon aupair di Jerman. Yang saya ingin tanyakan, apakah biaya kuliah di Bavaria , NRW, dan Munich masih mahal? Di kota mana sajakah ada masjid? Universitas apa saja yang memiliki jurusan Hubungan Internasional, Management bisnis?Dita
Cirebon

Jawaban:
Untuk saudari Dita.

Biaya kuliah di kota-kota yang disebutkan di atas rata2 sama, yaitu 500 € plus biaya tambahan sekitar 200-300€ yang berbeda-beda tiap jurusan. Itu cuma uang kuliah per semester saja. Khusus untuk kota Munich / München, biaya hidup setiap bulannya sangat mahal, yang paling mahal untuk membayar sewa rumah. Kalau di kota-kota lain  sewa rumah berkisar 200-300 €, di München bisa 1,5 sampai 2 kali lipatnya.

Rata-rata di setiap kota besar terdapat mesjid, jangan dibayangkan bentuknya seperti mesjid di Indonesia. Mesjid di Jerman bentuknya seperti rumah biasa, meski di beberapa kota ada yang bentuknya seperti mesjid di Indonesia, alamat-alamat mesjid di Jerman bisa dilihat di situs:

http://www.moscheesuche.de/index.php?id=2&action=verzeichnis

Untuk daftar universitas yang menyediakan jurusan hubungan international dan management bisnis bisa dilihat lebih lanjut di situs:

http://www.hochschulkompass.de/

Petunjuk pemakaian website diatas bisa dibaca di situs:

http://www.daad.de/deutschland/studienangebote/alle-studiengaenge/06539….

tersedia juga dalam bahasa Inggris.

Semoga jelas ya.

Mira Harini