Studi S2 di Jerman

Studi S2 di Jerman

Pertanyaan

Assalamualaikum….
saya sekarang sedang kuliah s1 di Indonesia, lalu saya berencana ingin melanjutkan studi s2 ke Jerman.
Yang ingin saya tanyakan adalah:
1. apa saja yang harus dipersiapkan untuk melanjutkan s2?
2. kira2 berapa besar total biayanya sampai lulus s2?
3. kemana saya harus mencari beasiswa bila ingin mendapatkannya?sekian pertanyaan dari saya..
mudah2an rekan2 sekalian berkenan membantu saya.
terima kasih..
Wassalamualaikum Wr. Wb.Dwi Setiawan
Jakarta

Jawaban:

Waalaikumsalam ww.
Bismillahirrahmanirrahim,

Pertanyaan 1:
Berbagai tipps persiapan dari kami sebagai berikut:
– Tentukan program S2 anda, berbahasa Jerman atau Inggris
Dalam hal ini, meskipun Jerman mulai “go international”,  tetapi tidak semua jurusan ada program internasionalnya. Silahkan pelajari dengan baik subjek/ program apa yang akan anda ambil. Kemudian carilah informasi lebih spesifik tentang bahasa pengantar yang dipakai dalam program itu. Lihat link DAAD dibawah untuk mencari infonya.

– Mulai belajar bahasa Jerman
Bahasa adalah kunci belajar yang seringnya dianggap remeh oleh kebanyakan orang indo, jadi anda jangan sampai termasuk ke mainstream ini. Belajar bahasa Jerman tidak harus di Goethe, bisa privat atau di institusi lainnya, tapi hanya goethe yang mengadakan tes bahasa Jerman.

– Mulai belajar hidup mandiri di kultur masyarakat yang sangat berbeda
Di sini, segala sesuatu harus diselesaikan sendiri, dari mulai belajar, belanja, masak, mencuci baju, setrika paiakan, bersih-bersih dll. Jadi mulailah sesegera mungkin menyesuaikan diri dgn membiasakan hidup mandiri total. Kemudian anda akan berhadapan dengan kultur masyarakat dan cuaca yang sangat berbeda dengan Indonesia, carilah info tentang kehidupan kultural di Jerman untuk menghindari “culture shock“.

– Cari Info aktual ttg dokumen penting.
Dokumen-dokumen penting seperti ijazah, akte kelahiran, surat keterangan keaslian ijazah, dll. Dokumen2 ini akan menjadi syarat formalitas dan semuanya perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh translator yang disahkan oleh kedutaan jerman. Carilah info ini langsung ke universitas yang anda tuju.

– Passport dan Visa
Mengenai hal ini, kedutaan besar Jerman di Jakarta atau Surabaya bisa memberikan keterangan lebih lanjut, terkait besarnya biaya jaminan atau sponsoring, yang sepengetahuan saya selalu diaktualisasi setiap tahunnya. Besarnya biaya jaminan sepengetahuan saya juga tergantung latar belakang finansial anda (orang tua anda) kemudian beasiswa atau privat.

Pertanyaan 2:

Dengan asumsi bahwa:
– Durasi program S2 termasuk Masterthesis rata-rata adalah 4 Semester
– Biaya Kuliah per Semester adalah 750 Eur
– Biaya hidup per Bulan adalah 500 Eur

Maka total biaya sampai lulus S2 berkisar 15.000 Eur.

Ini belum termasuk tiket pesawat dan kemungkinan biaya les bahasa Jerman, kalau mengambil program S2 berbahasa jerman. Biaya les bahasa jerman per Bulan berkisar 350 Euro.

Pertanyaan 3:

Sepengetahuan saya yang paling kompeten menjawab pertanyaan ini dan secara umum bisa memberi gambaran lebih spesifik adalah DAAD-Jakarta. Silahkan anda kontak DAAD (German academic exchange service) dan tanyakan semua hal yang anda ingin tahu lebih dalam tentang Jerman dan Universitas di Jerman.

DAAD Jakarta Office
JI. Jend. Sudirman, Kav. 61-62, Summitmas I, Lt. 19
12190 Jakarta.
Indonesia.
Telefon: (0062/21) 5 20 08 70, 5 25 28 07
www.daad.de

Satu hal yang bisa saya bagi dengan anda, kebanyakan kawan saya yang mendapat beasiswa dari DAAD berasal dari kalangan akademisi, artinya mereka bekerja di institusi universitas maupun institusi riset/ pemerintah (BPPT), apakah sebagai dosen, asisten dosen atau peneliti ilmiah, dll. Jadi saran saya, bekerja dulu saja di bidang akademis, kemudian keep in contact  dengan DAAD.

wallahualam, viel erfolg !! (sukses selalu insya Allah!!)

Wassalamualaikum ww.
Johar